KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KUSEN KAYU

Walaupun kusen aluminium telah menjadi tren dan banyak digunakan sekarang ini, namun kusen kayu tetap menjadi primadona untuk menciptakan rumah yang

berestetika. Kusen kayu masih banyak digunakan pada bangunan yang berprinsip green property. Selain karena sifatnya lebih sejuk dan lebih ramah lingkungan, kusen kayu juga lebih fleksibel dalam hal desain. Namun kusen jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan. Simak informasi mengenai plus minus kusen kayu berikut ini.


Kelebihan

1. Kusen kayu dapat dirancang menjadi beragam variasi bentuk dan model sesuai kebutuhan, misalnya desain bentuk lurus atau melengkung, dan berbagai model misalnya model tradisional, modern, minimalis, klasik, dll.

2. Kusen kayu bisa diterapkan pada desain rumah tipe apapun.

3. Kusen kayu memiliki tampilan natural sesuai dengan sifat kayu.

4. Material kayu yang biasa dijadikan kusen adalah kayu yang kuat, misalnya seperti kayu jati atau ulin, dan biasanya diproduksi melalui proses pengovenan yang baik, sehingga lebih awet.

5. rumah akan tampil lebih alami dengan menggunakan kusen kayu.


Kekurangan

1. Sekarang ini sulit sekali mendapatkan kayu dengan kualitas yang baik.

2. Jika tidak di-finishing dengan baik, material kayu akan mudah dimakan rayap. Anda perlu melakukan perawatan secara berkala dengan cat atau coating agar tetap awet.

3. Material kayu bersifat menyerap air, sehingga mengakibatkan volume kayunya berubah-ubah. Akibatnya daun pintu atau jendela jadi sulit dibuka karena salah satu sudutnya memuai.

4. Kusen kayu lebih mahal dibandingkan dengan kusen aluminium. Ini wajar karena untuk mencari kayu yang berkualitas baik memerlukan usaha, selain itu juga karena proses pembuatannya lebih rumit dan pemasangan serta perawatannya juga lebih sulit. (*/kibagus-homedesign)

This entry was posted in Produk and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.